Rabu, 02 Maret 2011

Komite Penyelamat Dukung Jenderal Toisutta


Pada saat pengurus PSSI telah memutuskan menunda kongres, sejumlah pemegang hak suara di Kongres PSSI menyatakan dukungan kepada George Toisutta dan Arifin Panigoro menjadi Ketua dan Wakil Ketua Umum PSSI. Mereka telah  menyampaikan keinginan tersebut kepada  Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng di Senayan, Jakarta, Selasa 1 Maret 2011.

Hal ini merupakan kelanjutan dari pertemuan 84 pemilik suara di Jakarta, kemarin. Hasil pertemuan itu juga mendeklarasikan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) yang mengklaim telah mendapatkan 84 suara untuk mendukung George Toisutta yang juga KSAD itu.

"Kami 84 anggota PSSI yang punya hak suara terdiri dari 26 pengurus cabang dan 58 klub PSSI memberikan dukungan kepada George Toisutta dan Arifin Panigoro menjadi Ketua dan Wakil Ketua PSSI periode 2011-2015," kata Wakil Ketua KPSI, Syahrial Damopoli.

Selain itu, KPSI juga memberikan empat pernyataan. Pertama, menolak kepemimpinan Nurdin Halid jadi Ketum PSSI. Kedua, KPSI memberi kewenangan untuk melaksanakan sidang paling lambat 60 hari setelah pertemuan.

Ketiga, memberi kewenangan kepada Menegpora untuk menindaklanjuti hasil sidang. Terakhir, mengharap agar Pemerintah tidak melepas PSSI.

Pertemuan ini dihadiri juga oleh beberapa perwakilan klub. Menpora pun menyambutnya dengan positif.
"Saya melihat ini sebagai proses demokratisasi yang berkembang," kata Menpora. "Tugas Pemerintah adalah membina dan mengurus. Sudah saatnya Pemerintah melakukan pembinaan dan pengurusan."
Langkah 84 pengurus PSSI daerah yang mendukung George Toisuta ditanggapi dingin pengurus PSSI.  Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes menyatakan belum bisa banyak berkomentar.
Dia mengatakan PSSI harus terlebih dulu melihat surat pernyataan dari 83 pengurus tersebut. "Kami harus lihat dulu tentang mosi tidak percaya ini. Kami harus lihat dulu siapa yang tanda tangan," ujar Nugraha usai jumpa pers penundaan Kongres di kantor PT Liga Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin malam, 28 Februari 2011.
"Kami cek dulu apakah surat itu untuk PSSI atau bukan. Karena yang bisa menandatangani surat adalah Ketua Pengurus Provinsi dan Sekretaris Umum."
KPSI diketuai Sukawi J. Sutarip yang juga menjabat Ketua Pengurus Provinsi PSSI Jawa Tengah. Sedangkan wakilnya adalah Syahrial K. Damopolii yang merupakan Wakil Ketua Pengurus Provinsi PSSI Sulawesi Utara. (sj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar